Sunday, 3 October 2021

PENYERAHAN 70 UNIT LIGHT TRAP TAHAP 2 UNTUK KELOMPOK TANI PADI ORGANIK DESA DETUSOKO BARAT

Sabtu (25/9/2021) Berlangsung kegiatan pemasangan Light Trap di Desa Detusoko Barat, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari kerja sama antara Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Flores (Uniflor) dengan Pemdes Detusoko Barat melalui Program Kemitraan Masyarakat Bagi Kelompok Tani Padi Organik di Desa Detusoko Barat yang dimulai sejak Rabu (2/6/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Falentina Lucia Banda, S.E., M.Sc., Kepala Desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu, S.Fil., Dekan Fakultas Pertanian Uniflor Dr. Sri Wahyuni, S.P., M.P. beserta jajarannya, Ketua Kampus Tanpa Dinding Iis Beribe, Kelompok Tani Padi Organik, serta mahasiswa Faperta.

Dalam kegiatan tersebut penandatanganan Berita Acara penyerahan light trap dilakukan oleh Dekan Faperta, Kepala Desa Detusoko Barat, dan Koordinator Watu Mesi Yakobus Tani. Sejumlah 70 (tujuh puluh light trap) telah diserahkan dan dipasang pada area Watu Mesi.

Selain pemasangan light trap, serta diskusi tentang pembuatan hingga pemeliharaan light trap, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor juga melakukan diskusi bersama kelompok tani tentang perhitungan ekonomis kegiatan para petani sehari-hari. Pencatatan antara pemasukan dan pengeluaran harus dilakukan oleh petani, demikian saran Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor.

Selain menjadi perangkap hama, light trap ini juga bisa menjadi pemandangan yang bagus dengan lampu warna-warni pada malam hari disepanjang jalan watu messi. PKM juga mendukung program Pemerintah Desa Datusoko Barat menjadi Desa Ekowisata

0 comments:

Post a Comment