Saturday 2 October 2021

PENANDATANGAN KONTRAK KERJASAMA ANTARA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS FLORES DENGAN PEMERINTAH DESA NANGANESA

Sabtu (07/08) pukul 15.00 WITA, berlokasi di Dusun Pu'u Sambi, Desa Nanganesa, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Dengan mematuhi protokol kesehatan, berlangsung kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Pertanian Universitas Flores (Uniflor) dengan Pemerintah Desa Nanganesa. Ada pun bentuk kerja sama adalah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dihibahkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek dan Teknologi (Kemendibud Ristek) Republik Indonesia kepada kelompok kreatif Uma Rema Class Fakultas Pertanian Uniflor. Subyek sasaran sebagai desa binaan adalah Kelompok Dasa Wisma Desa Nanganesa yang dipimpin oleh Maria Patrisia Wata Beribe, S.P., melalui Program Penguatan Kapasitas Kelompok Dasa Wisma Dalam Ketahanan Pangan Menghadapi Masa Pandemi.

 

dokumentasi penyerahan Surat Kerjasama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uniflor Stephanus Notan Tupen, S.Pd., M.Si., Kepala Desa Nanganesa Ishak Ismail S.Sos., Donatus Rendo, S.Si., M.Sc. mewakili Dekan Fakultas Pertanian Uniflor Dr. Sri Wahyunu S.P., M.Si., Ketua Kelompok Dasa Wisma Desa Nanganesa, kelompok Uma Rema Class, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Nanganesa mengucapkan terima kasih kepada Uniflor khususnya Uma Rema Class Fakultas Pertanian. Sekalipun dalam masa pandemi masih peduli dengan Desa Nanganesa sebagai desa binaan melalui Program PHP2D. Kelompok Dasa Wisma Desa Nanganesa dibentuk pada masa Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yaitu di tahun 2020. Sementara itu Ketua Kelompok Dasa Wisma Desa Nanganesa mengatakan kelompok ini dibentuk atas dasar kepedulian 16 (enam belas) ibu rumah tangga yang kesulitan mendapatkan kebutuhan daput di masa pandemi. Oleh karena itu salah satu kegiatan kelompok ini adalah memanfaatkan kintal rumah sebagai rumah kebun keluarga.

Mewakili Uniflor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas capaian Fakultas Pertanian Uniflor melalui Program PHP2D di mana dari ribuan proposal yang dikirimkan oleh universitas dari seluruh Indonesia, Uniflor merupakan bagian dari universitas yang proposalnya lolos dan/atau disetujui oleh Kemendikbud Ristek. Ia berharap agar dosen Fakultas Pertanian pun dapat membantu mahasiswa yang tergabung dalam Uma Rema Class jika menemui kendala/kesulitan di lapangan selama program ini berjalan. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan kemudian membuka kegiatan dengan resmi.

Foto bersama Wakil Rektor Kemahasiswaan-Uma Rema Class dan Kepala Desa Nanganesa.

Sementara itu Inisiator Program PHP2D Virgilius W. S. Rovanda yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Uniflor memberikan sosialisasi Program PHP2D kepada anggota Kelompok Dasa Wisma sebagai sasaran program ini. 

0 comments:

Post a Comment